Pelaksanaan belajar menumpukan harapan untuk meraih tujuan yang mempunyai latar belakang tersendiri, didalam pelaksanaan belajar itu sendiri tak terlepas dari peran seorang guru yang dapat mengawasi prilaku ataupun pergaulan siswa di lingkungan sekolah. Karena tugas seorang pendidik adalah mengajarkan kepada siswa bagaimana setiap siswa dapat meraih ilmu dan pelajaran dengan baik serta mengajarkan kepada setiap siswa bagaimana bergaul dengan baik dan menghindarkan pergaulan yang dianggap tidak baik untuk siswa tersebut.
Hal ini dikarenakan pengaruh yang besar kepada siswa apabila siswa tepat atau tidak tepat memilih pergaulanya, karena dapat menimbulkan efek yang positif dan negatif kepada seorang siswa atau anak. Karena apabila pergaulan yang dipilih siswa baik maka akan meningkatkan motivasi belajarnya bahkan dapat meningkatkan prestasi belajarnya, namun apabila seorang siswa salah dalam memilih pergaulannya maka motivasi untuk belajarnya akan menurun serta menurunnya prestasi belajar seorang siswa.
Tidak terlepas dari peranan pengaruh orang tua yang senantiasa mengawasi pergaulan anak di lingkungan tempat tinggalnya, karena seorang anak yang memiliki pergaulan yang baik atupun yang buruk di lingkungan tempat tinggalnya maka akan terbawa pula ke lingkungan sekolahnya. Hal ini yang sangat dikhawatirkan, mengingat apabila pergaulan anak tersebut buruk maka efek negatif yang akan diperolehnya seperti menurunnya motivasi belajar anak bahkan menurun pulaprestasi belajar anak.
Diharapkan peranan orang tua yang aktif terhadap pengawasan pergaulan anak yang nantinya dapat berguna meningkatkan motivasi belajar dan meningkatkan prestasi belajar anak disetiap hari-harinya, karena mengingat peranan orang tua sangat dibutuhkan dalam keberhasilan proses belajar anak.