Secara realita ada pengaruh positif dan negatif atas adanya pengawasan orang tua terhadap prestasi belajar anak, setelah melihat uraian-uraian diatas, maka sampailah penulis pada pembahasan mengenai pegaruh orang tua terhadap prestasi belajar anak . Adapun pengaruh positif atas adanya pengawasan orang tua terhadap prestasi belajar anak dan pengaruh negatif atas kurangnya pengawasan orang tua terhadap prestasi belajar anak adalah sebagai berikut :
1. Pengaruh positif atas adanya pengawasan orang tua terhadap prestasi belajar anak :
a. Meningkatkan motivasi belajar anak.
b. Meningkatkan prestasi belajar anak.
c. Menjauhkan anak dari pergaulan yang dianggap tidak baik.
d. Meningkatkan hubungan emosional yang baik antara orang tua dan anak.
e. Membantu guru sekolah anak dalam mengawasi setiap prilaku maupun pergaulan anak sehari-hari.
f. Menjaga anak dari pergaulan yang tidak baik di luar lingkungan sekolah.
2. Pengaruh negatif atas kurangnya pengawasan orang tua terhadap prestasi belajar anak :
a. Menurunya semangat atau motivasi belajar anak.
b. Menurunnya prestasi belajar anak.
c. Adanya perubahan sikap atau prilaku anak yang kurang baik.
d. Anak akan merasakan kurang perhatian dari orang tuanya.
Pengaruh perhatian atau kepedulian orang tua kepada anak dapat meningkatkan minat belajar anak dan juga prestasi belajar anak, karena pengawasan yang baik dari orang tua terhadap pergaulan anak dapat menjaga atau melindungi anak dari pergaulan yang tidak baik di lingkungannya.