PENGEMBANGAN PRODUK ( PRODUCT DEVELOPMENT )
Pengembagan produk terdri dari pengembangan rancangan produk baru (new product design ) yang meliputi rencana untuk produksinya , distibusi dan penjualannya . Pengembangan produk tidak dapat berdiri sendiri , dia adalah bagian dari proses inovasi industri ( industri innovation process) .
Innovasi industri merupakan semua aktivitas yang mendahului , sebelum suatu produk diluncurkan dipasar , seperti riset mengenai rancangan dan pengembangan , riset pasar , rencana .
PRODUK LIFE CYCLE
Dari sejarah pemasaran produk diketahui bahwa setiap produk akan melalui tahapan –tahapan tersebut melalui :
1. Fase Pengembangan ( introduction )
2. Fase Pertumbuhan ( Growth )
3. Fase Dewasa/ Matang ( Maturity )
4. Fase Penurunan ( Decline )
Lamanya masing-masing tahapan akan berbeda antar satu produk dengan produk lainnya tergantung pada pasar potensialnya dan tinggkat keuntungannya. Semua tahapan diatas disebut dengan daur hidup produk ( product life cycle ) . Adanya daur hidup produk ini mengandung pengertian bahwa suatu produk tidak akan mempunyai umur yang abadi . Pada suatu masa tertentu produk akan mengalami fase penurunan yang berarti suatu kondisi yang tidak akan memberikan peningkatan keuntungan lagi . Berakhirnya umur suatu produk dapat bdisebabkan adanya kebutuhan untuk mengakiri umur produk tersebut .
Pada saat suatu produk baru akan sukses dipasaran maka hal ini akan memancing kompetisi baru yang mungkin saja memancing karena penurunan harga produk pesaing akan masuk kedalam pasar dan menyebabkan produk yang lebih dahulu ada semakin sulit untuk bertahan . Ada saatnya produk akan diproduksi dan dijual dengan harga yang rendah . Secara normal ini dapat dikatakan sebagai akhir dari produk tersebut .Oleh karena itu maka harus diadakan usaha peremajaan melalui proses pengembangan produk ( product develupment) . Agar diperoleh suatu produk baru yang merupakan penyempurnaan produk-produk yang ada sebelumnya baik dengan cara menambah manfaat yang diberikan atau dengan mengganti produk lama dengan alternative produk yang sama sekali baru .