Peningkatan produktifitas perusahaan, sdm merupakan unsur paling penting, karena manusialah yang mendesain, menjalankan dan merawat sistem dalam organisasi.
Salah satu cara yang dapat digunakan dengan pendekatan pshichological income adalah dengan memperbaiki metode kerja secara ergonomics, seperti :
1. Memberikan wewenang dalam melakukan variasi pekerjaan dan ruang lingkup pekerjaan, sehingga lebih menantang dan berarti.
2. Memberikan otonomi kepada karyawan untuk melakukan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi diri.
3. Rotasi jabatan ( Job Rotation ) memberikan kesempatan secara bergilir untuk melakukan pekerjaan lain, sehingga karyawan dapat memahami pekerjaan orang lain.
4. Pendekatan sosial dan teknik (Socio-technic approach) membuat team work, dengan menyeimbangkan aspek sosial dan aspek teknik, sehingga diperoleh rasa kebersamaan dan adanya kesempatan berhubungan dengan orang lain.
5. Pendekatan ergonomi ( Ergonomics Approach), Motion and Time Study ( Studi gerak dan waktu). Menemukan cara yang paling efisien dalam bekerja.
6. Penetapan tujuan ( Goal Setting ) menetapka tujuan kerja, out put dan standart kerja serta kompensasi yang diperoleh berkaitan dengan pekerjaan.
Dr. Tarry G. Scusher, pada Bectel Incorparated San Francisco, mengajukan konsep rencana produktifitas yang bersaing dalam rangka meningkatkan efisiensi dan produktifitas SDM yang terdiri dari :
1. Job Design ( Desain Kerja)
Langkah 1 : Analisis Jabatan
Langkah 2 : Menghimpun tugas-tugas yang hampir sama atau saling berhubungan kedalam suatu pekerjaan tunggal
Langkah 3 : Evaluasi pekerjaan baru
2. Job Training ( Latihan Kerja)
Melatih karyawan sesuai dengan standart prestasi yang diinginkan.
3. Team Design (Desain Kelompok)
Pengelompokan karyawan berdasarkan atas jenis pekerjaan yang sejenis atau saling berhubungan “ Work Smarter-Not Harder” ( bekerja lebih baik-bukan lebih keras ).
4. Team Supervisor (Pengawasan Kelompok).
Tugas seorang supervisor dan manager harus dievaluasi sama seerti kita mengevaluasi karyawan lain.
5. Management Development ( Pengembangan Manajemen).
Tugas manager, pertama menyiapkan tanggung jawab dan kedua membagi tanggung jawab dan wewenang yang lebih besar kepada supervisor.