Berbagai prinsip yang berguna sebagai pedoman dalam proses perubahan keterampilan, pengetahuan, dan sikap adalah sebagai berikut :
1. Motivasi
Pelatihan haruslah ada hubungannya dengan tujuan yang ingin dicapai (imbalan uang , kedudujan, pengakuan, promosi, dsb).
2. Laporan kemajuan
Ternyata terdapat hubungan antara kekhususan serta banyaknya informasi kemajuan dengan kecepatan serta efektivitas belajar. Tetapi perlu dijaga jangan sampai diberikan informasi terlampau banyak ataupun informasi yang mungkin dapat disalahkan.
3. Peneguhan
Apabila suatu keterampilan telah dipelajari hasilnya hendaknya diperkuat (reinforced) dengan cara memberi penghargaan dan hukuman. Promosi, kenaikan upah, dan pujian merupakan peneguhan positif. Manajemen hendaknya berhati – hati untuk menjaga bahwa penghargaan selalu dikaitkan dengan keberhasilan yang dicapai seseorang.
4. Latihan
Untuk dapat menguasai secara efektif sesuatu keterampilan, pengetahuan atau sikap, partisipasi aktif seseorang merupakan sesuatu yang esensial. Jarak waktu antara masa – masa latihan yang diatur secara cermat dan tepat sangat menunjang efektivitas belajar.
5. Keseluruhan Utuh Versus Per bagian
Semakin lama dan kompleks sesuatu pekerjaan semakin tepat untuk mengajarkannya bagian per bagian. Bilamana bagian – perbagian yang diajarkan, pelatihan biasanya beranjak dari yang telah diketahui ke yang belum diketahui, dari yang mudah ke yang sulit.
6. Perbedaan – Perbedaan Individual
Pelatihan yang paling efektif ialah yang menyesuaikan kecepatan dan kompleksitas dengan kemampuan individual para peserta.